Lakukan Ini Jika Anda Menjadi Korban Kekerasan di Sekolah

20150520-korban_kekerasan_di_sekolah.jpg

Sekolah itu ibarat rumah kedua bagi anak-anak karena sebagian besar waktu mereka dihabiskan di sana setiap harinya kecuali hari libur. Sekolah merupakan lingkungan sosial kedua setelah keluarga sehingga pengaruhnya cukup besar. Seorang individu disekolahkan bukan hanya untuk mendapatkan ilmu atau menambah pengetahuan akademik, melainkan juga untuk membentuk karakter dan akhlak agar jadi manusia yang lebih baik.

Di sekolah, anak diajarkan kedisiplinan, kerapian, kebersihan, dan juga kebaikan melalui peraturan-peraturan yang ada serta bimbingan dari pendidik profesional. Namun, ini tidak menjamin sekolah adalah lingkungan sosial yang baik (atau yang memberi pengaruh baik) kepada seorang individu. Bukan tidak mungkin sekolah bahkan bagaikan neraka bagi anak didik. Tidak percaya? Buktinya banyak anak yang malas atau trauma ke sekolah karena guru sering marah-marah. Parahnya lagi, bahkan ada yang jadi korbhan korban bully dan kekerasan di sekolah.
Anda harus waspada terhadap hal ini. Jika jadi korban kekerasan di sekolah, sebaiknya lakukan tiga langkah berikut ini:

Melakukan perlawanan

Menjadi anak yang baik bukan berarti Anda harus diam saja tanpa perlawanan apa-apa saat diserang. Mulai latih diri untuk melakukan perlawanan ketika korban kekerasan di sekolah. Dengan begitu, Anda bisa melindungi diri dari kemungkinan terburuk saat mengalami kekerasan.

Perlawanan macam apa yang bisa Anda lakukan? Bagi yang punya basic skill bela diri, tanpa pikir panjang Anda bisa menerapkannya di saat genting. Bukankah memang itu fungsi dari berlatih? Namun, tentu tidak semua orang memiliki kemampuan bela diri. Bagaimana untuk orang yang tidak bisa? Well, perlawanan bisa berupa teriakan. Saat terkepun, Anda bisa berteriak hingga orang lain yang ada di sana mendengar dan mendekat.

Melapor ke orang tua atau guru

Setelah menjadi korban kekerasan, tentu Anda tidak akan tinggal diam, bukan? Laporkan segera kepada orang tua atau guru agar segera ditindaklanjuti. Terlebih jika Anda mengalami luka, baik itu luka ringan atau luka parah. Perbuatan kriminal tersebut jangan dibiarkan saja karena bisa saja terjadi lagi di kemudian hari baik itu kepada korban yang sama atau orang lain. Sangat membahayakan.
Anak sekolah biasanya tidak berani untuk melapor karena diancam oleh pelaku atau takut nantinya membahayakannya. Well, Anda jangan takut dan ragu untuk melaporkan kepada orang lain tentang kasus tersebut. Agar masalah clear dan tak terulang, orang lain perlu tahu agar Anda bisa lebih dilindungi dan orang yang melakukan kekerasan bisa segera ditindaklanjuti.

Menghindari lingkungan yang buruk sebisa mungkin

Langkah bijak yang sepatutnya diambil oleh korban kekerasan di sekolah yakni sebisa mungkin menghindari lingkungan yang buruk dan membahayakan. Pilih-pilih teman itu penting agar tidak terjerumus ke hal negatif dan menjadi korban.

Pelaku kekerasan bisa saja sesama siswa, oknum guru, atau orang lain (seperti satpam atau penjaga sekolah). Ada dua penyebab orang lain melakukan kekerasan fisik. Pertama, mungkin kesalahan memang datang dari korban. Misalnya, guru kesal terhadap murid yang tidak mengerjakan PR dan tidak mematuhi aturan hingga memukul. Kedua, orang tersebut memang bersifat temperamental dan terbawa-bawa masalahnya ke lingkungan sekolan dan orang lain jadi korban kekesalannya.
Category: Siswa
 

Sekolah Negeri vs. Sekolah Swasta

Gimana sih kamu ini? Kamu ga bisa ngerjain soal tesnya dengan benar? Kalo hasilnya mengecewakan seperti ini, bagaimana kamu bisa masuk ke sekolah negeri? Ini adalah omelan tetanggaku saat tahu bahwa anaknya gagal mengikuti tes masuk ke sekolah menengah pertama negeri di kotaku. Yup, sebagian orang tua siswa memang menganggap bahwa sekolah di sekolah negeri jauh lebih baik daripada sekolah di sekolah swasta. Mungkin itu dulu, tapi sekarang tidak. Saat ini ada banyak lulusan sekolah swasta yang mampu mengukir prestasi baik dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional.

20150519-negeri_vs_swasta.jpg


Lantas, sekolah mana yang baik untuk si buah hati? Jika Anda belum menemukan jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini, ada baiknya untuk melihat perbandingan sekolah negeri dan sekolah swasta di bawah ini jika dilihat dari sisi biaya, fasilitas, dan pengajar.

Biaya

Seperti yang mungkin Anda ketahui bahwa saat ini sekolah SD, SMP, dan beberapa SMA negeri sudah membebaskan biaya sekolah mereka. Hal ini tentu mendatangkan keuntungan besar bagi para siswa dan wali murid yang memiliki perekonomian menengah ke bawah karena mereka tidak perlu khawatir lagi soal uang sekolah anak mereka. Sayangnya, ini bukan berarti sekolah tersebut menggratiskan semuanya! Masih ada beberapa iuaran yang harus dibayarkan oleh wali murid kepada pihak sekolah, entah itu iuran les, fasilitas sekolah, kebersihan sekolah, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, sekolah-sekolah swasta mewajibkan siswanya untuk membayar uang masuk dan SPP secara teratur. Memang dana yang dikeluarkan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya sekolah di sekolah negeri. Meskipun begitu, pihak sekolah tidak meminta iuaran ini dan itu lagi sehingga dana yang dikeluarkan jelas dan transparan. Oya, saat ini ada beberapa sekolah swasta yang sudah menggratiskan biaya sekolahnya lo!

Fasilitas

Ditunjang oleh bantuan pemerintah pusat tak membuat fasilitas di sekolah-sekolah negeri lengkap dan memadai. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak SD, SMP, dan SMA negeri yang minim fasilitas sehingga proses belajar mengajar mereka terganggu. Hal ini biasa terjadi di sekolah-sekolah negeri yang berada di pelosok. Lihat saja di berita-berita bahwa masih ada sekolah yang sudah mau roboh atau kelasnya tidak ada kursi dan meja yang memadai.

Bagaimana dengan sekolah swasta? Sekolah ini didukung dan dikelola oleh yayasan tertentu dan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan sehingga fasilitas di sekolah swasta tergolong jauh lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan sekolah-sekolah negeri. Namun, itu bukan berarti bahwa sekolah negeri tidak ada yang memiliki fasilitas lengkap! Ada banyak juga sekolah negeri yang difasilitasi oleh sarana dan prasarana berkualita, lengkap, dan memadai.

Pengajar

Untuk hal yang satu ini terbilang mirip karena semua pengajar di sekolah swasta dan negeri sama-sama lulusan S1 dan S2. Mereka sama-sama mengajarkan pelajaran yang sama setiap harinya. Lalu, adakah hal yang membedakan pengajar di kedua sekolah ini? Pada umumnya yang membedakan adalah perhatian tenaga pengajar kepada murid. Jika di sekolah negeri, para pengajar biasanya tidak memperhatikan siswanya secara keseluruhan. Mereka hanya memberikan perhatian kepada siswa-siswa yang pintar atau malas saja. Hal ini tak terlepas dari banyaknya jumlah murid di sekolah negeri jika dibandingkan sekolah swasta.
Category: General
 

Ingin Masuk Sekolah Pilot? Kudu Fasih Bahasa Inggris

Ingin masuk sekolah pilot? Pastikan Anda punya kemampuan bahasa Inggris yang oke! Setelah itu, jangan lupa pilih sekolah pilot yang bagus (cari kriteria sekolah pilot yang bagus di sekolah-pilot.com dengan Fan Page Sekolah-Pilot.com) agar tidak lambat lulus dan tidak buang uang percuma.

20150523-jadipilot.jpg


  1. Aku sangat tertarik masuk sekolah pilot karena cita-citaku sedari kecil jadi pilot

  2. Aku ingin masuk sekolah pilot karena ingin mengikuti jejak orang tua yang juga seorang pilot


By the way, yang mana alasan Anda? Terlepas dari apa pun alasan Anda masuk ke sekolah pilot usai menamatkan pendidikan setingkat SMA, fasih bahasa Inggris menjadi syarat yang kudu Anda penuhi selain harus bebas dari narkoba, penyakit (mata rabun, buta warna, jantung, epilepsy, dan lain sebagainya), punya tubuh yang proporsional, telah memenuhi dokumen yang diajukan mulai dari fotokopi KTP sampai dengan pas foto), serta lolos tes wawancara. Pilot kudu fasih bahasa Inggris? Seberapa pentingnya bahasa Inggris bagi seorang pilot?

Instruktur menggunakan bahasa Inggris

Keberadaan sekolah pilot di Indonesia saat ini sudah semakin banyak entah yang berada di bawah naungan pemerintah ataupun yang berada di naungan swasta (maskapai penerbangan). Beberapa dari sekolah pilot tersebut nyatanya mempekerjakan instruktur asing. Artinya, proses belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di lapangan menggunakan bahasa Inggris. Kalau tidak fasih bahasa Inggris, bagaimana Anda mengerti bahkan memahami apa yang disampaikan oleh instruktur tersebut? Penting! Meski instruktur berasal dari tanah air, tetap saja bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional menjadi bahasa komunikasinya.

ATC menggunakan bahasa Inggris

Tahu dengan ATC? ATC yang merupakan kepanjangan dari Air Traffic Controllers ini bekerja di tower bandara. Mereka sering disebut sebagai pemegang kekuasaan udara. Sebab, mereka yang memberikan instruksi pada pilot agar pesawat satu sama lain tidak bertabrakan di udara, tidak keluar dari jalur udara yang seharusnya, serta membantu pilot mengatasi masalah yang genting (awan hitam, kabut tebal, dan lain sebagainya). Mulai dari take off sampai dengan landing, pilot selalu berkomunikasi dengan pihak ATC bandara keberangkatan atau tujuan. Untuk bahasa komunikasinya, pilot dan ATC harus menggunakan bahasa Inggris walaupun hanya untuk penerbangan domestik sekalipun.

Sudah tahu betapa pentingnya bahasa Inggris bagi seorang pilot? Apakah ini berarti yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris harus mengubur impian jadi pilot? TIDAK! Kalau mau belajar bahasa Inggris, kesempatan menjadi pilot bakal terbuka lebar. Sekedar tips, berikut agar belajar bahasa Inggris tidak terasa membosankan: pertama, bisa belajar dari teman terdekat yang fasih bahasa Inggris. Pembelajaran dari teman biasanya jauh lebih melekat ketimbang tutor yang baru dikenal karena sudah ada came mystery.

Kedua, manfaatkan tutorial dari video YouTube yang di-share oleh personal atau pihak tertentu. Gambar bergerak sekaligu suara yang keluar sejatinya akan jauh lebih menarik ketimbang harus termenung melihat tutor berbicara di depan kelas. Ketiga, belajar melalui music atau film dengan bahasa Inggris. Terlebih kalau Anda suka dengan musik atau menonton film, cara ini dirasa cukup efektif. Terakhir, bisa cari tempat belajar bahasa Inggris yang menawarkan metode game. Bisa bermain sambil belajar, mengapa tidak? Jangan lupa setelah merasa fasih, tes kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti tes TOEIC, TOEFL, atau IELTS karena sertifikatnya nanti bakal disertakan dalam dokumen pengajuan ke sekolah pilot.
Category: Sekolah Pilot
 

Jaga IPK agar Dapat Beasiswa President University

20150526-beasiswa_president_university.jpg
Khususnya bagi mereka yang ingin memiliki daya saing internasional, President University menjadi tempat pendidikan terbaik. Bagaimana tidak? Suasana di lingkungan kampus layaknya di luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris dan tak sedikit mahasiswa dari luar Indonesia, kurikulumnya internasional serta diajarkan oleh dokter berkelas, dan magang untuk mematangkan teori yang telah didapatkan sehingga menjadi bekal karir dikhususkan pada 2 semester. Hanya saja, ada biaya yang relatif mahal untuk bisa kuliah di President University.

Lebih kurang sekitar 25 juta Rupiah per semester atau 250 juta untuk mendapatkan gelar S1 di President University. Biaya ini sudah termasuk SKS, biaya ujian akhir, laboratorium, akomodasi, dsb. Lantas, apakah mereka dari keluarga kurang mampu tidak bisa kuliah di universitas sekelas President? TIDAK, karena mereka bisa mencari beasiswa President University (disini tempat cari beasiswa President University) untuk meringankan biaya pendidikan. Akan tetapi, mereka harus bisa menjaga IPK per 3 semester dengan baik (besar kecilnya IPK yang ditawarkan tergantung dengan tipe beasiswa yang ditawarkan oleh pihak President University).

Selesaikan tugas yang diberikan dosen

Sama halnya dengan tempat perkuliahan pada umumnya, di President University pun pasti dosennya akan memberikan tugas rumah atau kelas untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah diajarkan. Tugas ini juga menjadi tambahan nilai bagi mahasiswa atau sebagai pendongkrak jika nilai mahasiswa jeblok. Maka dari itu, selesaikan semua tugas yang diberikan dosen. Namun ingat, bukan hanya selesai melainkan juga harus berkualitas.

Maksimalkan kehadiran

Meski hanya mengambil beberapa persen dari total nilai yang akan diberikan dosen, tetap saja kehadiran punya andil. Bahkan, ada beberapa dosen yang akan melihat persentase kehadiran kalau nilai mahasiswa jeblok. Kalau mahasiswa selalu hadir, tapi nilainya jeblok berarti mahasiswa yang bersangkutan masih punya niat untuk belajar dan terkadang akan dibantu. Namun, kalau sering absen dari kuliah dan nilai keseluruhannya jeblok, dosen akan malas membantu nilai.

Tuntaskan pertanyaan dosen

Metode pengambilan nilai tambah untuk setiap dosen nyatanya berbeda-beda. Beberapa dari dosen umumnya mengambil nilai tambah dari seberapa cepat dan nalar mahasiswa terhadap pertanyaan yang dilontarkan secara instan. Kalau sangat aktif menjawab pertanyaan, biasanya ada nilai plus diberikan dosen untuk mahasiswa bersangkutan. Untuk itu, penting mempelajari materi sebelum perkuliahan dimulai. Sekarang tidak sulit mencari bahan kuliah karena semuanya bisa ditemukan lewat internet.

Bergaul dengan mereka yang cerdas

Teman punya andil penting bagi perilaku seseorang. Bergaul dengan teman yang cerdas sehingga dapat mempengaruhi sikap untuk menjadi orang yang cerdas entah itu belajar kelompok untuk membahas materi yang dirasa sulit, mengerjakan tugas, ataupun mempersiapkan ujian akhir, membaca buku saat pergantian mata kuliah, dll. Meski demikian, bukan berarti lantas tidak menoleh teman yang dianggap kurang cerdas karena ini berarti telah membatasi pergaulan

Tidak ada yang tidak mungkin jika mau berusaha, termasuk untuk mendapatkan beasiswa. Lebih dari sekedar membantu orang tua membayar biaya kuliah, beasiswa yang diterima juga bisa membuka jalan untuk cepat dilirik perusahaan usai lulus nanti. Asumsinya, penerima beasiswa yang aktif adalah orang yang punya kualitas sehingga dapat berkontribusi pada perusahaan.

Jangan jadikan dana sebagai kendala untuk kuliah usai lulus karena gelar S1 sangat diprioritaskan di zaman sekarang.

Teman-teman, jangan lupa gabung di akun facebook ini ya. Tanya kenapa? Bakal nemuin beasiswa dari berbagai universitas dan negara. Hemm, menarik kan?